Cara Memanjangkan Bulu MataBulu mata yang panjang diidamkan oleh banyak perempuan. Nah, terdapat bermacam cara memanjangkan bulu mata yang efisien, aman, serta mudah dicoba, mulai dari perawatan alami di rumah sampai bermacam metode kecantikan.

Bulu mata yang panjang serta lebat ditaksir lebih menawan serta dapat membuat cantik penampilan wajah. Tetapi, tidak seluruh orang dilahirkan dengan situasi bulu mata semacam itu. Terdapat yang bulu matanya panjang serta lebat, terdapat pula yang bulu matanya pendek serta tipis. Perihal ini amat ditentukan oleh faktor genetik ataupun keturunan.

Cara Memanjangkan Bulu Mata

Untuk Kamu yang mempunyai bulu mata pendek ataupun tipis, janganlah cemas. Selanjutnya merupakan sebagian cara buat memanjangkan bulu mata yang dapat Kamu coba:

  1. Perawatan alami

Buat membuat cantik tampilan mata, perempuan biasanya memakai riasan mata, semacam maskara, supaya bulu mata nampak lebih panjang, lentik, serta tebal. Tidak hanya memakai riasan mata, Kamu pula dapat mengoleskan sebagian bahan alami selaku perawatan buat membantu memanjangkan bulu mata, semacam:

  • Petroleum jelly
  • Teh hijau
  • Minyak zaitun
  • Minyak jarak
  • Lidah buaya

Kamu dapat memilih salah satu di antara bahan alami di atas, kemudian mengoleskannya pada bulu mata saat sebelum tidur. Pagi harinya, bilas serta bersihkan bulu mata sampai tidak terdapat yang bahan yang tersisa. Buat hasil yang maksimum, lakukanlah perawatan dengan rutin setiap hari.

Bahan-bahan itu memang telah digunakan oleh banyak orang. Akan namun, perlu diketahui kalau belum terdapat fakta ilmiah yang mensupport efektivitasnya. Tidak hanya itu, Kamu pula butuh berhati-hati bila penggunaannya tidak sesuai pada kulit Kamu.

  1. Obat penumbuh bulu mata

Salah satunya obat penumbuh bulu mata yang telah teruji secara ilmiah merupakan bimatoprost. Obat ini dipakai dengan cara dioleskan di sepanjang garis bulu mata (pada kelopak bagian atas saja). Buat hasil yang optimal, pengolesan perlu dicoba tiap hari selama sekitar 2 bulan.

Obat yang sesungguhnya ditujukan buat menyembuhkan glaukoma ini sudah disetujui oleh FDA (BPOM Amerika Serikat) selaku obat yang aman serta efisien buat membuat bulu mata tumbuh lebih panjang, lebih tebal, serta lebih hitam.

Sayangnya, di Indonesia, obat itu cuma diakui selaku obat tetes mata resep buat glaukoma. Perihal ini bisa jadi karena bimatoprost beresiko memunculkan efek samping kala dipakai buat memanjangkan bulu mata, semacam:

  • Mata terasa gatal, kering, bengkak, serta memerah
  • Kelopak mata jadi lebih gelap
  • Perubahan warna pada sebagian iris mata jadi cokelat gelap
  • Tumbuhnya rambut di sekitar mata bila pengolesan obat mengenai area di luar kelopak mata

Beberapa besar efek samping akan memudar dikala pemakaian dihentikan. Namun, perubahan warna iris mata cenderung bersifat permanen.

  1. Bulu mata palsu

Bila mau bulu mata panjang dengan instan, Kamu dapat memakai bulu mata palsu. Bulu mata palsu pula dapat dilepas pasang dengan mudah alhasil tidak merepotkan. Tidak hanya itu, terdapat banyak opsi bulu mata palsu yang ada di pasaran serta dapat dicocokkan dengan selera Kamu.

Tetapi, pemakaian bulu mata palsu pula membutuhkan kehati- hatian. Selanjutnya merupakan kondisi yang perlu Kamu cermati dikala memakai bulu mata palsu:

  • Seleksi merk yang memberikan informasi sedetail mungkin mengenai petunjuk penggunaannya. Contoh produk bulu mata palsu yang memberikan banyak informasi yaitu produk maski eyelashes dari eyelashes manufacturer indonesia.
  • Yakinkan Kamu tidak alergi dengan materi lem bulu mata palsu.
  • Mencuci tangan saat sebelum menggunakan bulu mata palsu.
  • Pastikan seluruh alat yang dipakai buat melekatkan bulu mata sudah bersih.
  • Jauhi menempelkan lem bulu mata palsu langsung ke kelopak mata. Tempelkanlah ke bulu mata palsu terlebih dulu.
  • Berhati-hatilah dikala mengaplikasikan ataupun melepas bulu mata palsu supaya tidak menggores bola mata. Janganlah sesekali menerapkan bulu mata palsu dalam alat transportasi yang bergerak.
  • Selalu melepaskan bulu mata palsu saat sebelum tidur.
  • Tidak hanya itu, jauhi meminjam bulu mata palsu dari orang lain supaya tidak terjadi penjangkitan bakteri pemicu infeksi mata. Kamu pula tidak bisa mengenakan bulu mata palsu bila lagi hadapi infeksi mata ataupun infeksi pada kulit sekitar mata.
  1. Extension bulu mata

Tidak semacam bulu mata palsu, extension bulu mata merupakan bulu mata dari serat bikinan ataupun plastik yang dipasangkan satu per satu di atas bulu mata kelopak atas dengan perekat khusus. Extension bulu mata biasanya bisa bertahan sekitar 2 bulan dengan perawatan. Sepanjang penggunaannya, Kamu dapat mengirit lebih banyak durasi, dan tidak lagi membutuhkan maskara ataupun bulu mata palsu lepas pasang.

Bila dipasang dengan betul oleh orang yang memiliki kompetensi ataupun sertifikat buat aksi ini, extension bulu mata merupakan cara yang aman buat mempercantik bulu mata serta hasilnya nampak alami. Tetapi, bila tidak dipasang dengan betul, extension bulu mata dapat menimbulkan ketidaknyamanan, infeksi, apalagi kebotakan bulu mata secara permanen.

Tips Menjaga Bulu Mata yang Segar dan Panjang

Perawatan bulu mata yang pas bisa menyehatkan bulu mata dan membuat bulu mata terus menjadi panjang, tebal, serta kuat. Sebagian perawatan bulu mata yang dapat Kamu jalani sendiri di rumah antara lain:

  • Bilas bulu mata dengan sikat bulu mata serta sabun yang lembut setiap hari, terutama setelah memakai riasan mata.
  • Maanfaatkan penghapus riasan wajah yang lembut. Lenyapkan riasan mata dengan hati-hati serta tidak menyikat zona bulu mata.
  • Berhati-hatilah kala memakai penjepit bulu mata.
  • Bila mau menghilangkan gumpalan maskara, jalani dikala maskara sedang basah serta mudah disisir.
  • Terapkan pola makan sehat dengan penuhi keinginan protein serta zat besi.

Terdapat beragam cara memanjangkan bulu mata. Supaya efisien, cara yang dilakukan butuh disesuaikan dengan pemicu bulu mata pendek. Bila memanglah tidak terdapat permasalahan ataupun keluhan pada bulu mata, cara-cara di atas dapat dicoba.

Tetapi, bila bulu mata pendek diakibatkan oleh penyakit ataupun diiringi pertanda yang mengusik, hendaknya konsultasikan ke dokter buat memperoleh penindakan yang pas. Perihal ini sebab terdapat sebagian penyakit yang dapat menimbulkan penipisan bulu mata, semacam blefaritis, hipotrikosis, alopecia, serta kanker kulit.